support@layerspeed.com
(021)530-6331
Whois ID Protection

Apa itu whois?. Whois atau disuarakan “who is” digunakan untuk mendapatkan data informasi domain tertentu seperti nama pemilik domain, ip address, name server dan umur domain. Whois lookup yaitu sebuah aplikasi berbasis command line digunakan untuk melakukan query terhadap database whois.

Namun dalam perkembangannya, data whois suatu domain bisa dilihat di situs whois seperti domaintools atau whois.net. Sehingga user biasa seperti kita bisa mendapatkan informasi kepemilikan suatu domain dengan mudah. Walaupun demikian program whois berbasis command-line masih sering digunakan oleh Administrator jaringan.

Kegunaan whois

Selain mendapatkan informasi suatu domain, whois memiliki kegunaan sebagai berikut :

  • Mendukung keamanan dan kestabilan dari internet dengan menyediakan informasi kontak yang bisa dihubungi yang berhubungan dengan jaringan, ISP, dan pemilik domain.
  • Untuk mendapatkan informasi ketersediaan domain. Sehingga jika domain tersedia dalam artian belum diregistrasi oleh orang lain, maka Anda bisa melakukan registrasi atas nama domain tersebut.
  • Mempermudah penegakan hukum dalam investigasi pelanggaran hukum dalam suatu negara, seperti terorisme, pornografi, perdagangan organ, dan illegal content.
  • Memfasilitasi pencarian data untuk hak cipta dan merk dagang
  • Memberikan kontribusi pada kepercayaan pengunjung ketika mengunjungi suatu situs, seperti situs ecommerce ( toko online ), lembaga sosial, atau perusahaan yang menawarkan produk jasa.

Bagaimana cara mendapatkan informasi whois ?

Untuk root domain umum seperti .com, .net atau .org bisa didapatkan dengan mudah dengan menggunakan salah satu situs whois, seperti domaintools dan whois.net. Masukkan nama domain yang ingin Anda lacak, contohnya mariocahyadi.com. Kemudian tekan tombol Lookup. Setelah itu Anda akan mendapatkan informasi whois dari domain yang bersangkutan.

Sedangkan root domain yang merupakan domain suatu negara seperti .id, .de maka pencarian domain dibawah root domain ini mesti dilakukan di pengelola domain yang bersangkutan. contohnya untuk mendapatkan informasi whois domain .ac.id atau .co.id maka Anda bisa mengunjungi situs Whois .id.

Privacy policy

Ada aturan yang memungkinkan data whois dari suatu domain tidak tersedia secara umum. Tujuannya adalah supaya informasi whois ini tidak digunakan oleh para spammer atau scammer. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa membaca tutorial Proteksi domain Anda dari ulah spammer.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Contact Us

Bangun Web Anda Hari Ini!
Web Hosting Promo! Khusus di Layerspeed hanya Rp. 100.000/thn
ORDER